Jumat, 05 Juli 2013

kekurangan dan kelebihan android

Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.
Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di bawah Lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler.
Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD)
SEJARAH ANDROID OS

Android Inc, adalah sebuah perusahaan software kecil yang didirikan pada bulan Oktober 2003 di Palo Alto, California, USA. Didirikan oleh beberapa senior di beberapa perusahaan yang berbasis IT & Communication; Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris White. Menurut Rubin, Android Inc didirikan untuk mewujudkan mobile device yang lebih peka terhadap lokasi dan preferensi pemilik. Dengan kata lain, Android Inc, ingin mewujudkan mobile device yang lebih mengerti pemiliknya. Sejarah Android dimulai dari sini.

Konsep yang dimiliki Android Inc, ternyata menggugah minat raksasa Google untuk memilikinya. Pada bulan Agustus 2005, akhirnya Android Inc diakuisisi oleh Google Inc. Seluruh sahamnya dibeli oleh Google. Nilai pembelian Android Inc ini oleh google tidak ada release pastinya. Tetapi banyak yang memperkirakan nilai pembelian Android Inc oleh Google adalah sebesar USD 50 juta. Saat itu banyak yang berspekulasi, bahwa akuisisi ini adalah langkah awal yang dilakukan Google untuk masuk ke pasar mobile phone.

Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris White tetap di Android Inc yang dibeli Google, sehingga akhirnya mereka semua menjadi bagian dari raksasa Google dan sejarah android. Saat itulah mereka mulai menggunakan platfor linux untuk membuat sistem operasi bagi mobile phone.



Pada bulan nopember 2007, terbentuklan Open Handset Alliance yang merupakan konsorsium dari beberapa perusahaan : Broadcom Corporation, Google, HTC, Intel, LG, Marvell Technology Group, Motorola, Nvidia, Qualcomm, Samsung Electronics, Sprint Nextel, T-Mobile dan Texas Instruments. Mereka sepakat untuk membuat open standart bagi mobile phone. Pada hari yang sama, mereka mengumumkan produk pertama mereka, yaitu Android yang berbasis Linux kernel versi 2.6.

Bulan Desember 2008, bergabunglah 14 perusahaan lainnya yaitu : ARM Holdings, Atheros Communications, Asustek Computer Inc, Garmin Ltd, PacketVideo, Softbank, Sony Ericsson, Toshiba Corp dan Vodafone Group Plc. Hal ini merupakan langkah besar dalam sejarah Android untuk menjadi pemimpin dalam sistem operasi untuk mobile phone.

APA ITU ANDROID?

 Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Sistem operasi Android dimiliki oleh Google Inc selaku perusahaan raksasa. Bersama dengan sekitar 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi seperti HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.

Google Inc akhirnya membentuk Open Handset Alliance, yang tujuannya mengembangkan sistem operasi Android, hingga ia menjadi salah satu sistem operasi paling populer saat ini mengalahkan iOS, Windows Phone, dan BlackBerry.


Fitur yang tersedia di Android adalah:
ü  Kerangka aplikasi: itu memungkinkan penggunaan dan penghapusan komponen yang tersedia.
ü  Dalvik mesin virtual: mesin virtual dioptimalkan untuk perangkat mobile.
ü  Grafik: grafik di 2D dan grafis 3D berdasarkan pustaka OpenGL.
ü  SQLite: untuk penyimpanan data.
ü  Mendukung media: audio, video, dan berbagai format gambar (MPEG4, H.264, MP3,AAC, AMR, JPG, PNG, GIF)
ü  GSM, Bluetooth, EDGE, 3G, dan WiFi (hardware dependent)
ü  Kamera, Global Positioning System (GPS), kompas, dan accelerometer (tergantung hardware)

Ø  ALASAN MEMILIH SMARTPHONE ANDROID

Banyak alasan yang mendorong saya pindah dari BlackBerry ke Android, salah satunya adalah ketidakbecusan RIM (produsen BlackBerry) dalam membuat perangkat yang saya butuhkan saat itu.

Mungkin ada baiknya saya jelaskan satu persatu alasan paling tepat dan masuk akal, mengapa sistem operasi Android lebih baik daripada sistem operasi yang lain. Berikut adalah penjabarannya.


a.       Saya butuh aktifitas online dan mobile sepanjang waktu

Salah satu kelebihan ponsel android yang paling mencolok adalah, ia dibuat untuk menunjang aktifitas di internet. Ya, saya bisa katakan, ponsel android memang diciptakan untuk anda hidup di dunia maya (internet). Bila anda membeli ponsel android namun tidak memanfaatkannya untuk internetan, maka anda benar-benar menghamburkan uang hanya untuk sebuah gadget, tanpa anda ambil manfaat terbesarnya.

Karena saat itu aktifitas saya lebih banyak di luar (di lapangan, meeting, atau kunjungan kerja), maka saya membutuhkan perangkat yang mudah dibawa kemana-mana. Tentu sangat merepotkan bila hanya untuk mengecek email saja saya harus membuka laptop di jalan.

Aktifitas online saya sangat tinggi, baik aktifitas kirim/terima email, membaca berita, jejaring sosial, maupun aktifitas ngeblog. Meski ponsel lain seperti iPhone, BlackBerry dan WM bisa melakukan hal yang sama, namun saya lebih merasakan manfaat yang optimal dari ponsel android.

b.      Aplikasi pendukung yang sangat lengkap dan terjangkau

Android merupakan sistem operasi bersumber terbuka (open source). Tidak heran banyak para pengembang (developer) membuat segala macam aplikasi yang dibutuhkan oleh pengguna. Saking banyaknya para pengembang, tak heran aplikasi yang disediakan di pasar aplikasi (Android market) sudah menembus angka jutaan.

Tak hanya lengkap, aplikasi yang dibutuhkan pun sangat terjangkau. Saya hampir tidak pernah mengeluarkan uang sepeserpun untuk dapat memiliki aplikasi yang saya butuhkan, karena semuanya tersedia dengan gratis.

c.       Kebebasan yang sesungguhnya

Android memungkinkan penggunanya untuk mengeksplorasi perangkatnya, sehingga memberikannya kekuasaan penuh. Tidak seperti iPhone atau bahkan BlackBerry yang membatasi hak guna pemakainya, android benar-benar membebaskan penggunanya untuk memodifikasi sistem operasinya.

d.      Tak ingin terbawa arus latah

Agaknya sudah menjadi tradisi kebanyakan orang Indonesia yang suka mengikuti kebanyakan orang. Saya melihat kebanyakan orang yang menggunakan gadget, hanya terpengaruh atau ikut-ikutan orang lain. Saat itu, saya memutuskan untuk berpindah ke Android di saat orang-orang sedang mabuk iPhone dan BlackBerry. Ya, saya tidak mau mengikuti tren latah mereka.

e.       RIM dan ketidakbecusannya

RIM (Research in Motion), sebagai produsen BlackBerry telah banyak mengecewakan saya. Rasa-rasanya, BlackBerry adalah kegagalan terbesar saya ketika memilih perangkat telepon pintar.
Mohon maaf, saya tidak bermaksud mengecilkan pengguna BlackBerry. Opini yang saya tulis saat ini murni pendapat subyektif mengenai ketidaksukaan saya menggunakan layanan BlackBerry. Di kesempatan lain, mungkin akan saya jelaskan alasan mengapa saya tidak menyukainya.

Yeah, terlepas dari banyak kelebihan yang dimilikinya, Android juga memiliki kekurangan. Menurut saya, setiap pengguna harus dapat menentukan sendiri perangkat yang terbaik bagi kebutuhannya, baik itu Android, iPhone, BlackBerry, Symbian, atau bahkan ponsel jadul lainnya.

Ø  KELEBIHAN dan KEKURANGAN ANDROID OS

Boomingnya pemakaian ponsel besutan google ini tak urung menimbulkan rasa penasaran kita semua. Sebenarnya apa sih kehebatan dan keunggulan ponsel android dibandingkan dengan ponsel lainnya. Bahkan disinyalir ponsel android ini bisa menyaingi black berry dalam hal penjualannya. Lebih lanjut mengenai kelebihan dan kekurangan ponsel android silahkan simak artikel berikut:







KELEBIHAN ANDROID OS
1. tidak perlu bayar untuk download aplikasi.
2. Didukung penuh google.   Jadi kita dapat menikmati semua layanan google seperti gmail, youtube, dan fasilitas google lainnya.
3. Stabil dan nggak mudah error atau hang.
4. Aman dari virus karena berbasis linux (kernel 2.6).
5. Aplikasi game 3 D nya sangat stabil dan mantap.
6. Konektivitas lengkap. Bluetooth, wifi, GPS.
7. Layar sentuh bagus pakai tangan nggak bisa pakai stylus.
8. Harga relatif murah.

Sedangkan KELEMAHANNYA antara lain:
1. Kurang nyaman untuk telepon.
2. Masih membingungkan bila pertama pakai.
3. Tidak ada Microsoft office.
4. Harus terkoneksi internet.
5. Belum banyak aplikasi yang tersedia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar