Senin, 24 Desember 2012

PERSAINGAN HAK CIPTA APPLE DAN SAMSUNG



Sempat tidak terdengar kabarnya setelah peluncuran beberapa produk smartphone dari berbagai vendor, Apple dan Samsung kembali lagi dengan persaingan panasnya di pengadilan. Dan kabar terbaru datang dari pengadilan di Amerika dengan tuntutan awal Apple melaporkan Samsung atas dugaan pelanggaran hak cipta. Kabar terbaru yaitu U.S. Magistrate Judge, Paul Grewal mengijinkan baik Samung maupun Apple untuk menambahkan produk yang diklaim melanggar hak cipta dalam gugatan hak cipta ‘kedua’ yang akan diadakan di San Jose.
Persidangan ini sebenarnya adalah kelanjutan daripada ‘first trial’/percobaan hukum pertama  antara Apple dengan Samsung beberapa bulan lalu, dimana Apple memenangkan gugatan dan Samsung diwajibkan membayar 1,05 Miliar Dollar.
Post-trial akan diadakan pada bulan Desember tanggal 6 mendatang dengan hakim Lucy Koh. Post trial atau second trial atau percobaan kedua ini diajukan oleh Apple setelah kemenangannya atas Samsung. Apple mengajukan Gugatan atas beberapa Smartphone Samsung termasuk Galaxy Nexus. Apple beranggapan produk itu telah melanggar 8 hak paten merekan.
pihak Gugatan kedua ini, Samsung membantah tuduhan yang diajukan Apple dan melakukan ‘counterclaim’ atas Apple. Samsung mengklaim Apple’s iconic devices meniru 8 hak paten samsung. Pada 21 September 2012, Samsung akhirnya mengajukan gugatan untuk menambahkan Apple iPhone 5 sebagai produk Apple yang melanggar satu patent samsung. Sebagai repon balik, Apple menambahkan Samsung galaxy note 10.1 dan Samsung Galaxy SIII dan juga Sistem Android 4.1 untuk diajukan gugatan bersama dengan Samsung Galaxy Nexus.
Pada keputusan terakhir sebelum sidang pada 6 desember mendatang, Hakim Grewal menyatakan bahwa aksi Samsung (dalam menambahkan gugatan terhadap Apple iPhone 5) didasarkan kepada ‘bukti yang beralasan’. Walaupun Apple tidak mengajukan keberatan atas keputusan ini, Hakim Grewal berkata kepada pengacara Apple untuk ‘berfikir dua kali sebelum mengajukan tuntutan sama terhadap produk yang baru keluar-karena Samsung bisa saja mengajukan tuntutan yang sama atas produk baru Apple yaitu iPad 4 dan iPad mini’.
Persaingan antar Samsung dengan Apple ini akan terus berlanjut dan memakan banyak perhatian media. Karena berbeda dengan HTC, Samsung beberapa waktu lalu menyatakan bahwa tidak akan berdamai dengan Apple. Hal ini diutarakan CEO Samsung setelah kabar yang beredar atas tercapainya ‘kesepakatan damai’ antara HTC dan Apple. Dalam kesepakatan itu, baik Apple dan HTC memutuskan tidak melanjutkan sidang hak paten antara Apple dan HTC dan lebih lanjut tidak akan mengajukan tuntutan paten selama 10 tahun kedepan. CEO Samsung secara jelas mengatakah bahwa mereka tidak akan mengikuti langkah HTC yang melakukan langkah damai. Kami akan terus melakuakan semua proses pengadilan yang ada atas pelanggaran hak cipta Apple.
sumber areaponsel.info

Tidak ada komentar:

Posting Komentar