Jumat, 26 April 2013

OS FIREFOX


Smartphone dewasa ini merupakan sebuah alat komunikasi yang menjadi idola kalangan penyuka gadget dunia. Perkembangan popularitas smartphone ini berdampak pada perkembangan beberapa perangkat baik dari segi perangkat lunak dan juga perangkat keras dari pembentuk sebuah smartphone. 

Salah satunya adalah perkembangan Operatyng Sistem. Kesuksesan Android dalam merajai OS yang dipakai pada perangkat smartphone mendorong berbagai perusahaan sejenis untuk mengembangan sebuah sistem operasi yang akan dipakai pada sebuah smartphone. Salah satu yang saat ini ramai diperbincangkan adalah OS Firefox.

Kabar terakhir, disebutkan bahwa Smartphone dengan OS Firefox ini nantinya akan hadir pada Bulan Juni 2013 mendatang. Kabar ini mencuat dari CEO Mozilla, Gary Kovacs, ketika berbicara kepada sumber di AllThingsD.

Dalam pembicaraan tersebut, Kovacks mengatakan bahwa Firefox OS akan ditargetkan untuk pasar negara berkembang. Hal ini adalah sebuah langkah awal yang akan diambil oleh pihak Mozila terkait OS baru mereka tersebut. Beberapa negara yang siap disinggahi smartphone Firefox OS, di antaranya Brasil, Kolombia, Hungary, Meksiko, Montenegro, Polandia, Serbia, Spanyol, dan Venezuela.

Selain di negara-negara yang disebutkan di atas. Pihak Mozila juga akan mencoba menawarkan ponsel dengan perangkat lunak OS Mozila tersebut di Negara Amerika Serikat. Namun, Menurut pembicaraan Kovaks, Perangkat ini akan mendatangi negara Paman Sam tersebut sekitar tahun 2014. Bukan tanpa alasan, menurut Kovacs, pihaknya menunggu ekosistemnya berkembang sebelum meluncurkannya di pasar di Amerika Serikat yang dinilai sangat kompetitif.

Untuk informasi lanjutan, OS Firefox ini adalah sebuah sistem operasi mobile berbasis HTML5 yang juga memungkinkan pengembang untuk mengembangkan aplikasinya untuk platform ini. Untuk memberikan pengalaman yang seragam di setiap perangkatnya, semua aplikasi Firefox OS dijalankan dalam sebuah browser


Tidak ada komentar:

Posting Komentar